Tips Membuat Mind Map

Assalamualaikum Wr.Wb

Setelah kita mengenal dan tahu cara membuat mind map, kini admin mau ngeshare tips – tips dalam membuat mind map agar lebih mudah dan efektif. Langsung saja berikut penjelasannya

Tips Membuat Mind Map

Ada beberapa tips agar mind mapping lebih menarik, efektif , mudah dipahami dan menghemat waktu Anda.

1. Temukan Poin Penting di Tiap Bab dan Sub Bab

Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam skertas kecil. Anda boleh mencatatnya dengan linear. Misalkan, dalam buku yang And baca terdapat 5 bab. Masing-masing bab terdiri dari 3 sub bab. Maka Anda harus temukan poin penting dari 15 total sub bab.

Sebagai contoh, Sebuah buku tentang meniti karir memiliki 5 Bab yaitu

• Menemukan Passion
• Menemukan Bakat
• Sukses dalam Interview
• Memberikan Hasil Terbaik
• Menjadi Leader yang Baik

Dalam Bab “Menemukan Passion” Anda mendapati ada 3 Sub Judul yaitu
• Ingat Mimpi Besar Anda
• Pertanyaan tentang Passion
• Mencintai Passion

Dalam Sub Bab “Ingat Mimpi Besar Anda”, ternyata ada beberapa poin penting yang bisa Anda temukan. Dari sekian halaman yang membahas sub bab ini, Anda menemukan 3 poin penting tentang mimpi besar Anda yaitu :

• Visi Anda
• Visi Orang Tua
• Pencapaian Terbesar dalam Hidup Anda

Hal yang serupa juga Anda lakukan untuk setiap bab dan sub bab berikutnya. Catatlah hanya poin penting dan yang Anda butuhkan.

2. Pastikan Peralatan Sudah Lengkap

Jangan biarkan peralatan yang tidak lengkap di meja kerja Anda membuat Anda menunda. Sebelum memulai membuat mind map, pastikan semua perlatan sudah tersedia di meja Anda. Jangan sampai ketika sedang asik dan hanyut dalam membuat mind map, Anda terpaksa berhenti di tengah jalan karena warna spidol tak mencukupi.

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat mindmap adalah kertas gambar persegi panjang, spidol berwarna atau pensil warna, dan tentunya buku yang akan Anda buat mind mapnya.

3. Tuliskan Kalimat Utama (Tema Besar) di Tengah Kertas

Tulsikan satu tema besar pada bagian tengah kertas Anda. Ini akan menjadi tema besar mind map Anda. Anda bisa menuliskannya dengan huruf besar dan warna mencolok, atau bisa juga Anda berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik perhatian. Jika Anda bukan tipe orang yang bisa menggambar, cukuplah hanya dengan menuliskannya danbuat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.

4. Buat Cabang Untuk Tiap Judul

Kebanyakan eror dalam membuat mindmap adalah tidak cukupnya ruang menuliskan semua poin penting dalam satu kertas. Untuk menyiasatinya, kita bisa membuat cabang untuk tiap judul terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk menuangkan gagasan dalam bentuk mind map.

Jika tidak dibuat demikian, kebanyakan orang akan menyelesaikan satu judul terlebih dahulu, baru pindah ke judul yang lain. Terkadang judul-judul yang terakhir tidak akan mendapat ruang yang cukup.

5. Buat Cabang Sub Judul pada Setiap Judul

Setelah membuat cabang pada untuk setiap judul, buatlah cabang pada setiap judul untuk menuliskan sub judul. Lakukan ini pada setiap judul sampai selesai

6. Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Judul

Agar memudahkan otak kita memahami mindmap dengan cepat, berilah warna yang sama pada masing-masing judul dan sub judul. Misalkan pada judul menemukan passion, maka berikan warna yang sama untuk judul Menemukan Passion dengan sub judulnya yaitu Ingat Mimpi Besar, Pertanyaan tentang Passion dan Mencitai Passion. Begitu juga dengan judul lainnya. Sehingga 1 judul hanya menggunakan 1 warna.

7. Gunakan Satu Kata/Frase

Setiap judul dan sub judul pada mindmap haruslah dituliskan dalam 1 kata atau frase saja. Misalkan, ketika Anda kalimat berikut “Membangun Cinta Terhadap Passion” maka Anda cukup menuliskannya “Mencintai Passion” atau “Cintai Passion”

Mencatat dengan metode mindmap mungkin menghabiskan waktu sedikit lebih lama dari mencatat linear, selain itu juga melibatkan otak Anda secara aktif. Tetapi, hasil yang kita dapat dari metode ini sangatlah baik dan jauh lebih berharga dari usaha kita di awal. Demikian tips singkat untuk membuat mindmap yang menarik dan efektif. Anda bisa mempraktekknya dari sekarang.

Nah, itu merupakan tips – tips penting yang harus sahabat ketahui dalam pembuatan mind map agar lebih menarik, efektif dan mudah dibaca.

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Akhir kata..

Wassalamualaikum Wr.Wb

Referensi : http://bacakilat.com/tips-mudah-membuat-mind-map/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s