Organisasi Internasional pada Jaringan Komputer

Secara umum, organisasi-organisasi dalam jaringan komputer dunia terbagi menjadi 7 bagian, antara lain :

  1. IANA (Internet Assigned Numbers Authority)
  2. ISOC (Internet Society International)
  3. IETF (Internet Engineering Task Force)
  4. IRTF (Internet Research Task Force)
  5. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  6. APNIC ( Asia Pacific Network Information Centre)
  7. IAB (Internet Architecture Board)

IANA (Internet Assigned Numbers Authority)

IANA

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS). IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB).

IANA memberikan tanggungjawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada tiga badan lainnya yang bersifat regional, yakni sebagai berikut:

  • American Registry for Internet Numbers (ARIN), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika bagian Selatan (sub-Sahara)
  • Reeseaux IP Européens (RIPE), yang bertanggungjawab dalam menangani wilayah Eropa dan Afrika bagian utara (Sahara)
  • Asia Pacific Network Information Center (APNIC), yang bertanggungjawab dalam menangani kawasan Asia dan Australia

IANA akan digantikan oleh sebuah badan nonprofit internasional yang disebut sebagai Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), karena meningkatnya penggunaan Internet.

ISOC (Internet Society International)

ISOC

Internet Society International (ISOC) adalah organisasi intenasional yang mempromosikan penggunaan Internet dan aksesnya. Keanggotaanya terbuka kepada siapa saja, baik pribadi, perusahaan, universitas maupun pemerintah

Profil

ISOC adalah asosiasi professional Internet yang terdiri dari 17.000 anggota individual dan 130 anggota organisasi di seluruh dunia. Ia adalah organisasi non-pemerintah berskala internasional yang bertujuan untuk bekerjasama dan berkoordinasi secara global dalam bidang aplikasi dan teknologi internet serta internetworking.

ISOC juga adalah organisasi induk bagi Internet Engineering Task Force, Internet Engineering Steering Group, dan Internet Architecture Board, ketiganya merupakan organisasi yang bertanggungjawab terhadap pengembangan teknikal internet dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Misi

ISOC bertujuan untuk menjamin pengembangan yang terbuka, evolusi dan penggunaan internet agar bermanfaat bagi seluruh umat manusia di muka bumi.

Prinsip-prinsip yang mendasari ISOC

  • Pemanfaatan Internet yang menguntungkan, terbuka dan tidak dihalang-halangi
  • Pengaturan isi oleh penyedia
  • Tidak ada penyensoran pendahulu terhadap komunikasi on-line
  • Ekspresi bebas on-line tidak dibatasi oleh cara-cara lain yang tidak langsung seperti kendali yang berlebihan oleh  pemerintah atau swasta terhadap perangkat keras dan perangkat lunak komputer, infrastruktur telekomunikasi, atau komponen inti lainnya dari Internet
  • Forum terbuka untuk pengembangan standar dan teknologi internet
  • Tidak ada diskriminasi dalam penggunaan internet atas dasar ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik atau lainnya, asal negara atau sosial, kepemilikan, kelahiran atau status lainnya
  • Informasi pribadi yang dihasilkan di Internet tidak disalahgunakan atau digunakan oleh orang lain tanpa disetujui oleh pemiliknya
  • Pengguna internet boleh melakukan enkripsi pada komunikasi dan informasi mereka tanpa pembatasan
  • Mendorong kerjasama antar jaringan; Keterhubungan adalah hadiah itu sendiri, maka penyedia layanan jaringan mendapatkan hadiah dengan saling terhubung satu sama lainnya

Program

Berhubungan dengan berbagai rencana dari segi teknologi, pendidikan, sosial, ekonomi, standar, politik, etis dan sumber legal, yang memengaruhi arah dari internet.

IETF (Internet Engineering Task Force)

IETF

Internet Engineering Task Force (disingkat IETF), merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan Internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB (Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP.

Internet Engineering Task Force ( IETF ), berfokus pada isu-isu jangka pendek dan standar teknik pembuatan.

Internet Research Task Force (IRTF)

IRTF

Internet Research Task Force (IRTF) adalah sebuah organisasi penelitian yang bekerja pada topik yang terkait dengan evolusi Internet, Teleskop Inframerah, Fasilitas NASA, teleskop inframerah di Hawaii, Fasilitas Perawatan Intensif Residential.

Misi

Internet Research Task Force ( IRTF ) mempromosikan penelitian yang penting bagi evolusi Internet dengan membuat fokus jangka panjang. Grup Riset ini bekerja pada topik yang terkait dengan protokol internet, aplikasi, arsitektur dan teknologi.

Ikhtisar

Internet Research Task Force ( IRTF ) berfokus pada isu penelitian jangka panjang yang berhubungan dengan internet sedangkan organisasi paralel, Internet Engineering Task Force ( IETF ), berfokus pada isu-isu jangka pendek dan standar teknik pembuatan.

Para IRTF terdiri dari sejumlah Grup Riset terfokus dan jangka panjang. Kelompok ini bekerja pada topik terkait protokol internet, aplikasi, arsitektur dan teknologi. Grup Riset memiliki keanggotaan stabil jangka panjang yang diperlukan untuk mempromosikan pengembangan kerjasama penelitian dan kerja tim dalam mengeksplorasi isu penelitian. Partisipasi adalah dengan kontributor individual, bukan oleh wakil-wakil dari organisasi.

Para IRTF dikelola oleh Ketua IRTF dalam konsultasi dengan Internet Research Steering Group  ( IRSG ). Keanggotaan IRSG termasuk Ketua IRTF , kursi dari berbagai Grup Riset dan individu lainnya (anggota besar) dari komunitas riset dipilih oleh Ketua IRTF . Para Editor RFC menerbitkan dokumen dari IRTF dan perusahaan Grup Riset pada Stream IRTF ( RFC 5743 ).

Grup Riset

12 Grup Riset yang menjabat saat ini :

  • ASRG Anti-Spam Research Group
  • CFRG Crypto Forum Riset Kelompok
  • Keterlambatan DTNRG-Toleran Jaringan Research Group
  • HIPRG host Protokol Identitas Kelompok Penelitian
  • Kontrol Kemacetan ICCRG internet Kelompok Riset
  • Mobilitas MOBOPTS IP Optimasi Research Group
  • Jaringan NCRG Kompleksitas Research Group
  • NMRG Manajemen Jaringan Research Group
  • P2PRG Peer-to-Peer Research Group
  • RRG Routing Research Group
  • Scalable SAMRG Grup Multicast Penelitian Adaptif
  • Jaringan Virtual VNRG Research Group

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)

IEEE

IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, sehingga organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja.

IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

IEEE memiliki lebih dari 300.000 anggota individual yang tersebar dalam lebih dari 150 negara. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi. IEEE Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:

  • Chapter Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter)
  • Chapter Masyarakat Sistim dan Sirkuit (Circuits and Systems Society Chapter)
  • Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine and Biology Chapter)
  • Chapter Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society)
  • Chapter Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S)

Sejarah 802.x

Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurus standarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.

Unit Kerja Yang ditangani

Berikut ini adalah contoh unit kerja dan bidang yang merekan tangani :

Unit Kerja Bidang yang ditangani
802.1 Higher Layer LAN Protocols Working Group
802.3 Ethernet Working Group
802.11 Wireless LAN Working Group
802.15 Wireless Personal Area Network (WPAN) Working Group
802.16 Broadband Wireless Access Working Group
802.17 Resilent Packet Ring Working Group
802.18 Radio Regulator TAG
802.19 Coexistence TAG
802.20 Mobile Broadband Wireless Access (MBWA) Working Group
802.21 Media Independent Handoftt Working Group
802.22 Wireless Regional Area Network

APNIC ( Asia Pacific Network Information Centre)

APNIC

APNIC ( Asia Pacific Network Information Centre) adalah salah satu dari empat organisasi non-profit yang mendaftar dan mengelola alamat IP . APNIC melayani wilayah Asia Pasifik, yang terdiri dari 62 negara.

Struktur Perusahaan

APNIC adalah sebuah perusahaan nirlaba yang didirikan di Australia di bawah Corporations Act 2001 (ACN 081 528 010).  Perusahaan ini didirikan berdasarkan dokumen konstituennya, Anggaran dan Nota Dasar.

Struktur APNIC

APNIC sendiri didirikan oleh sejumlah Anggaran Rumah Tangga dan kesepakatan keanggotaan yang menggambarkan aturan-aturan di mana APNIC beroperasi, hak dan kewajiban keanggotaan APNIC, pemilihan umum, penyelesaian sengketa, dan hal-hal lain yang serupa.

Dewan Eksekutif (EC)

Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga APNIC, APNIC diatur oleh 7 anggota Dewan Eksekutif, yang dipilih langsung oleh keanggotaan APNIC. Fungsi EC (Dewan Eksekutif) pada Keanggotaan APNIC memiliki tanggung jawab termasuk:

  • Pengangkatan dan penilaian Direktur Jenderal APNIC, bertanggung jawab untuk operasional Sekretariat APNIC
  • Pembentukan biaya APNIC
  • Review dan persetujuan laporan keuangan dan operasional APNIC
  • Pengambilan keputusan antara Anggota  atas nama Anggota APNIC

Komisi Eropa telah memilih posisi officeholder termasuk Ketua, Sekretaris dan Bendahara secara resmi dari pertemuan-pertemuan umum.  Komisi Eropa diselenggarakan atas dukungan administratif oleh Sekretariat APNIC, terutama dalam posisi staf Sekretaris Eksekutif APNIC.

Anggota

Anggota APNIC dipilih secara voting sesuai dengan jumlah ruang alamat IP yang diadakan, dan jumlah hak suara antara 1 sampai 64 suara per anggota. Suara mungkin akan dilemparkan secara online atau secara pribadi di muka-muka pertemuan dari Keanggotaan APNIC.

Pemilihan EC APNIC diadakan di Rapat Anggota Tahunan APNIC dan berfungsi untuk menunjuk setengah dari anggota EC (baik 3 atau 4 anggota pada pemilihan masing-masing) untuk jangka waktu 2 tahun termasuk proses nominasi dan proxy yang dilakukan sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga APNIC.

Biaya Keanggotaan

APNIC didanai oleh biaya keanggotaan yang dibayarkan sesuai dengan diterbitkan jadwal biaya anggota . Biaya ini dihitung untuk setiap anggota sebanding dengan jumlah ruang alamat IP (IPv4 dan / atau IPv6) yang diselenggarakan oleh anggota.

Kontrol Keuangan

EC APNIC bertanggung jawab untuk pembentukan Anggaran APNIC, yang beroperasi atas dasar tahun kalender, dan untuk menyajikan anggaran dalam Rapat Anggota Tahunan. Komisi Eropa menerima laporan keuangan bulanan dari Sekretariat, dalam rangka untuk memantau kinerja terhadap anggaran itu. Laporan ini dan termasuk dalam setiap pertemuan EC. Setiap tahun, APNIC secara sukarela melakukan audit keuangan penuh independen yang dilakukan sesuai dengan praktek akuntansi yang ditetapkan. Laporan keuangan APNIC diaudit termasuk dalam Laporan Tahunan APNIC , dan dilaporkan oleh Bendahara EC untuk Rapat Tahunan Anggota APNIC.

Anggota Survei

Setiap 2 tahun, EC APNIC, Anggota komisi formal dan Survei Stakeholder yang dilakukan secara independen dan memungkinkan masukan anonim dengan semua Stakeholder. Laporan ini adalah referensi utama untuk EC APNIC dan Sekretariat dalam mengembangkan rencana kegiatan tahunan untuk APNIC, di mana anggaran tahunan APNIC didasarkan. Hasil dari survei ini adalah publik yang tersedia .

IAB (Internet Architecture Board)

IAB

Arsitektur internet Board (IAB) adalah komite yang dibebankan untuk pengawasan teknis dan rekayasa pengembangan internet oleh Internet Society (ISOC).  Ini mengawasi sejumlah Gugus Tugas, yang paling penting adalah Internet Engineering Task Force (IETF) dan Internet Research Task Force (IRTF). Tubuh yang akhirnya menjadi IAB awalnya diciptakan oleh Departemen Pertahanan  Amerika Serikat,  lanjutan Proyek Penelitian Badan Pertahanan dengan nama Internet Konfigurasi Dewan Pengendalian selama tahun 1979 dan akhirnya menjadi Dewan Penasehat internet selama September 1984, dan kemudian Kegiatan Dewan selama Internet Mei 1986 (nama itu berubah, sekaligus mempertahankan singkatan yang sama). Akhirnya menjadi Internet Architecture Board, di bawah ISOC selama Januari 1992 dan sebagai bagian dari transisi Internet dari entitas pemerintah AS untuk suatu entitas publik internasional.

Tanggung jawab IAB saat ini antara lain :

  • Pengawasan Arsitektur: IAB menyediakan pengawasan, dan komentar sesekali, aspek arsitektur untuk protokol jaringan dan prosedur yang digunakan oleh Internet.
  • Standar Proses Pengawasan dan Banding: IAB menyediakan pengawasan dari proses yang digunakan untuk membuat Standar Internet. IAB berfungsi sebagai papan imbauan untuk keluhan eksekusi yang tidak tepat dari proses standar, melalui bertindak sebagai badan banding sehubungan dengan Rekayasa Pengarah Internet Group (IESG) standar keputusan.
  • Request for Comments seri: IAB bertanggung jawab untuk manajemen editorial dan publikasi dari Request for Comments (RFC) seri dokumen.
  • Internet Ditugaskan Numbers Authority : Dalam hubungannya dengan Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor (ICANN), IAB bertanggung jawab atas administrasi penugasan nilai parameter protokol IETF oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA).
  • Penghubung eksternal: IAB bertindak sebagai wakil dari kepentingan IETF dalam hubungan penghubung dengan organisasi lain terkait dengan standar dan masalah teknis dan organisasi lain yang relevan dengan Internet di seluruh dunia.
  • Saran ke Internet Society: IAB bertindak sebagai sumber nasihat dan bimbingan kepada Dewan Pengawas dan Pejabat ISOC tentang teknis, arsitektur, prosedural, dan (jika perlu) masalah kebijakan yang berkaitan dengan Internet dan teknologi yang memungkinkan.
  • Internet Engineering Steering Konfirmasi Grup: IAB menegaskan Ketua IETF dan Direksi Daerah IESG, dari nominasi yang diberikan oleh Komite Nominasi IETF.
  • Internet Research Task Ketua Angkatan: IAB memilih kursi dari IRTF untuk jangka waktu dua tahun terbarukan.

RFC1087 – Etika dan Internet

IAB sangat mendukung pandangan Dewan Penasehat Divisi National Science Foundation Network, Komunikasi, Penelitian dan Infrastruktur dalam parafrase, ditandai sebagai tidak etis dan dapat diterima setiap kegiatan yang sengaja :

  • berusaha untuk mendapatkan akses tidak sah ke sumber daya Internet,
  • mengganggu tujuan penggunaan Internet,
  • limbah sumber daya (orang, kapasitas, komputer) melalui tindakan seperti, menghancurkan integritas informasi berbasis komputer
  • kompromi privasi pengguna.

Kursi

Berikut adalah orang-orang yang telah menjabat sebagai ketua IAB

  1. David D. Clark – 1981 to 7 / 1989
  2. Vint Cerf – 7 / 1989 to 7 / 1991
  3. Lyman Chapin – 7 / 1991 to 3 / 1993
  4. Kristen Huitema – 3 / 1993 to 7 / 1995
  5. Brian Carpenter – 7 / 1995 to 3 / 2000
  6. John Klensin – 3 / 2000 to 3 / 2002
  7. Leslie Daigle – 3 / 2002 to 3 / 2007
  8. Olaf Kolkman – 3 / 2007 untuk menyajikan

Referensi : http://arievah.blogspot.com/2012/03/organisasi-organisasi-dalam-jaringan.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s