Apa itu Broadcast Storm ??

Pengertian

Sebuah Storm Broadcast adalah ketika Frame Layer 2 (OSI Layer – Data Link) terjebak dalam lingkaran tak berujung (Looping). Karena Ethernet tidak memiliki TTL (Time To Lived) didalam Jaringan, frame tidak memiliki waktu keluar dan karena itu dipancarkan kembali berulang dalam lingkaran tak berujung yang dikenal sebagai Storm Broadcast. Karena paket frame terjebak dalam loop, switch/hub akan menjadi kewalahan dengan jumlah Trafic dan akhirnya dapat crash ataupun reboot.

Penjelasan

strom broadcast

Paket berjalan melalui Segmen A atau Segmen B ke dua switch yang lain (B dan C). Switch B akan menambah Node B ke tabel Pencarian untuk memaintance Segmen A, Sementara Switch C akan menambahkannya ketabel pencarian untuk Segmen C. Jika switch tidak memiliki alamat pencarian ke Node A maka mereka akan membanjiri. node B untuk mencari Node A.

Setiap switch akan mengambil paket yang dikirim oleh switch lainnya dan membanjiri Network dengan segera, karena mereka masih tidak tahu siapa Node A.

Switch akan menerima paket dari setiap segmen dan Floading lagi pada segmen yang lain. Hal ini menyebabkan broadcast Strorm sebagai paket yang dibroadcast, diterima dan di broadcast lagi oleh masing-masing switch, sehingga mengakibatkan kemacetan jaringan dan berpotensi Crash.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s