Pendudukan Jepang di Indonesia

Latar Belakang Pendudukan Jepang di Indonesia

perang dunia II jepang

  1. Perubahan besar-besaran yang dilakukan Jepang pada masa pemerintahan Tenno Meiji yang menempatkan Jepang sebagai negara Industri modren yang sejajar dengan bangsa Barat. Pembaharuan yang disebut Restorasi Meiji membawa akibat perubahan haluan politik Jepang dari menutup diri terhadap pengaruh asing menjadi Imperalis.
  2. Berdasarkan kebijakan Imperalis Hakko-ichu-u. menjadikan Jepang bermaksud menjadikan Asia sebagai kesatuan wilayah dibawa pemimpinnya untuk mencapai maksud Jepang membangun perasaan persaudaraan Asia Jepang menyebut dirinya saudara tua, mempropagandakan perang Pasifik sebagai perang Asia Timur Raya dan melancarkan gerakan Tiga A yaitu “Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia”.
  3. Sebagai negara industri dan militer, Jepang membutuhkan bahan mentah untuk industri dan mesin perang. Dengan kekayaan sumber daya alamnya, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan Jepang tersebut.
  4. Sentimen terhadap Imperialisme Barat dikawasan Asia turut memicu Jepang untuk segera menduduki Indonesia yang dikuasi Belanda.

Hubungan Perang Dunia II Dengan Kedatangan Jepang ke Indonesia

jepang menjajah Indonesia

Tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerang pangakalan militer Amerika serikat di Pearl Harbour (hawai). Setelah Menyerang Peral Harbour Jepang berusaha menguasai wilayah di Asia-Pasifik seperti: Kawasan Asia (Singapura, Laos, Filipina, Kamboja, Thailad, Indonesia) dan kawasan asia pasifik . Menghadapi ekspansi Jepang sekutu bergabung dalam ABCD (American, British, China, Dutch) dan membentuk ABDACOM (American British China Dutch Australian Command). Sehingga membuat Jepang terpojok dan berusaha untuk menambah jumlah tentara guna unutk melawan sekutu. Sehingga Jepang mulai menduduki dan menguasai wilayah-wilayah yang ada di Indonesia .

Perang dunia ke dua terjadi tahun 1940-1945. Terjadinya Perang Dunia II secara tidak langsung berpengaruh terhadap kehidupan politik dan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1942 Jepang berhasil mengalahkan Belanda, maka posisi Belanda Indonesia diambil alih oleh Jepang. Artinya Indonesia mulai dijajah oleh Jepang. Masa pendudukan Jepang berjalan sekitar 3,5 tahun. Berbagai kebijakan Jepang di Indonesia diarahkan untuk memperkuat kekuatan militer. Selain itu untuk ikut mendukung kemenangannya dalam menghadapi Sekutu. Perang Dunia II juga berpengaruh bagi Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Setelah Jepangkalah menyerah kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia dalam keadaan “vacuum of power” (kekosongan kekuasaan). Jepang sudah menyerah berarti tidak mempunyai hak memerintah Indonesia, sementara Sekutu, saat itu belum datang. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Daftar Pustaka :
http://www.saliguri.com/2014/04/latar-belakang-dan-tujuan-pendudukan.html
Moedjanto, G. 1992. Indonesia Abad ke XX. Yogyakarta: Canisius.

Advertisements

2 thoughts on “Pendudukan Jepang di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s