Teks Eksposisi : “Untung Rugi Perdagangan Bebas di Indonesia”

perdagangan bebas

Kelompok 1 – Setuju

Pernyataan Pendapat:
Menurut prinsip-prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia. Perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek.

Argumentasi :
Saya sendiri setuju jika perdagangan bebas diberlakukan oleh setiap negara. Perdagangan bebas akan memberikan peranan yang penting untuk menciptakan penggunaan sumber daya secara efisien. Setiap negara akan memproduksi barang spesialisasinya untuk meningkatkan pendapatan nasional suatu negara tersebut. Seperti contohnya Indonesia dapat memasok sumber daya alam yang berlimpah untuk negara lain, dan negara lain dapat memasok teknologi-teknologi seperti gadget untuk Indonesia. Lalu dalam contoh keunggulan komparatif, kita dapat melihat hubungan antara Portugal dengan Inggris yang akan mendapatkan untung apabila mereka memiliki hubungan perdagangan karena Portugal dan Inggris akan saling diuntungkan meski Portugal memiliki keunggulan mutlak dalam komoditi pakaian dan anggur. Jika perdagangan bebas ditiadakan, maka keuntungan ini tidak akan didapatkan pada setiap negara dan penggunaan sumber daya tidak akan merata. Perdagangan international (bebas) dapat meningkatkan efisiensi, laba, standar hidup, dan jumlah komoditas yang tersedia di setiap negara.

Penegasan Ulang :
Perdagangan bebas dapat memberikan keuntungan pada setiap negara yang memberlakukannya. Secara otomatis, barang yang diproduksi juga akan lebih baik karena pihak produsen akan bersaing dengan produsen di lain negara. Saya juga tidak mengesampingkan adanya kekurangan dari perdagangan bebas. Namun, seperti yang dijelaskan diatas bahwa perdagangan bebas jauh lebih memberikan dampak positif dibanding dampak negatifnya.

Kelompok 2 – Tidak Setuju

Pernyataan pendapat :
Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri,perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikian dari berbagai aspek.

Agrumentasi :
Politik anting dumpling Indonesia sangat lemah, maka ketika melakukan perdagangan bebas kemungkinan besar Indonesia tidak akan menerima laba malahan rugi. Pemerintah Indonesia membuat perdagangan makin tidak berimbang karena pertumbuhan ekspor lebih rendah dari pada import. Impor lebih besar dari pada ekspor membuat kerugian besar dalam produksi. Dampak dari impor bagi perdagangan meningkatkan barang asing dalam negeri dan mematikan produksi dalam negeri sehingga barang impor membanjiri pasaran dalam negeri.

Penegasan Ulang Pendapat.
Masalah penerapan perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan lebih baik lagi di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s