Teks Ulasan Film EXAM

Exam, Pemutar Otak Membakar Emosi Para Penyaksi

Film Exam

Exam, film besutan sutradara Stuart Hazaldine. Bercerita mengenai perjuangan 8 kandidat calon pegawai sebuah perusahaan. Jabatan dan karier yang ditawarkan memang tidak disebutkan, namun mereka berifikir ini merupakan pekerjaan yang tidak harus dilewatkan begitu saja. Berlatar belakang sebuah ruangan tertutup, 8 kandidat yang berbeda latar belakang ini berkutat menyelesaikan seleksi tahap akhir, tes tertulis sekaligus tes psikologi. Banyak peraturan yang aneh diterapkan dalam tes ini. Tidak boleh merusak kertas, berbicara dengan pengawas, dan masih ada beberapa lagi. Jika melanggar kandidat akan didiskualifikasi.

Berdurasi sekitar 100 menit, film ini mungkin akan membuat kita tercengang setelah menonton sepenuhnya. Betapa tidak, dalam film ini penonton diajak bermain, menebak sesuatu yang sangat tersirat. Pertanyaan dan jawaban hanya ada satu, namun cara untuk mendapatkannya berjuta cara. Yah, itulah yang membuat film ini spesial bagi para penggemar film teka teki. Mereka bisa menonton sambil bermain bersama film tersebut. Asik memang, namun kita harus membutar otak 360 derajat untuk memecahkan teka teki ini walaupun hasil yang didapatkan hanyalah jawaban yang sederhana.

Film Stuart Hazeldine yang dirilis tahun 2009 ini juga mempunyai banyak sekali keistimewaan di dalamnya. Walaupun tidak ada satupun pemain film yang berasal dari artis hollywod terkenal, akting dan totalitas dari Luke Mably, Gemma Chan, Jim Mistry dan kawan-kawan sangatlah luar biasa dan patut diacungi jempol. Adegan pembuka yang memperlihatkan satu persatu kandidat tanpa melihat wajah mereka serta apa yang akan mereka lakukan  pada ini film sangatlah menarik, membuat penonton tertarik untuk melihat kelanjutannya.

Pada bagian pertengahan, mulailah konflik-konflik terjadi. Adegan demi adegan menyulut emosi para kandidat yang berputar otaknya memecahkan teka-teki. Dan disinilah letak titik kelebihan dari film ini, adengan – adegan yang disajikan dapat menarik simpati dan emosi para penonton. Penonton dibuat greget dengan tingkah polah para lakonnya. Penonton berasa diajak bermain dalam film ini dan terjebak dalam suasana didalamnya. Itu juga yang saya rasakan ketika menonton film Exam ini. Apalagi jika ditonton di ruang tertutup dengan pencahayaan yang sedikit serta dengan sound system yang mumpuni, suara dari film ini juga dapat membuat merinding dan menambah keterlibatan emosi para penonton.

Walaupun ending dari film ini susah ditebak, tetapi ada sedikit alur yang kurang greget dalam bagian akhir film ini. Juga terdapat beberapa adengan yang dirasa mononton, membuat jenuh penonton jika tidak menontonnya dari awal. Suasana dalam ruangan yang gelap membuat beberapa adegan dalam film ini juga tidak begitu terlihat. Harus jeli ketika menonton film ini.

Pada akhirnya film ini sangat menarik untuk ditonton, terutama bagi kalangan penyuka film genre teka-teki. Anda akan diajak berputar otak dalam film ini. Namun, pada film ini tidak semua orang dapat memahaminya, karena butuh pemahaman khusus untuk menonton film ini. Berhati – hati juga karena dalam film ini terdapat beberapa adengan kekerasan yang tidak cocok untuk ditonton bagi Anda yang tidak suka kekerasan dan juga bagi anak-anak. Dengan diperankannya 8 orang yang berbeda karakter dan latar belakang, menambah kesan lebih didalam setiap adegan film ini.

Pengarang : David Adi Nugroho. Semarang, 31 Maret – 6 April 2015 , memenuhi tugas Bahasa Indonesia – Teks Ulasan Drama/Film.
Sekian, semoga bermanfaat bagi kita semua..

Advertisements

One thought on “Teks Ulasan Film EXAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s