Contoh Teks Anekdot

Ada pepatah Jawa “wong bodho dadi pangane wong pinter”, yang artinya orang bodoh itu menjadi obyek rezeki bagi orang pintar. Dan pepatah itu kadang dikonotasikan negatif dengan mengartikan bahwa orang bodoh itu karena kebodohannya banyak dimanfaatkan (dikerjain) oleh orang pintar.

Sedangkan konotasi positifnya, kini malah banyak orang pintar yang justru menggantungkan hidupnya kepada orang yang dianggap bodoh. Di Indonesia ini semakin sulit membedakan mana orang bodoh dan mana orang pintar, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

Orang yang berpendidikan rendah kadang dikatakan bodoh, dengan standar minimal pendidikan di Indonesia yaitu wajib belajar 9 tahun, bagaimana orang yang mengenyam pendidikan kurang dari 9 tahun, apakah bisa dikategorikan bodoh? Dan kadang kategori bodoh tersebut sangat lekat dengan kemiskinan, berada di kelas bawah.

Tetapi bagaimana dengan sosok yang bernama Anggodo Widjojo? Dia hanya lulusan SD, namun bisa menjadi pengusaha sukses, bahkan sepak terjangnya mampu menggemparkan dunia hukum di Indonesia. Dan mungkin bodohnya, nasib Anggodo berakhir di penjara.

Lain halnya dengan EKa Tjipta Widjaya, pendiri Sinar Mas Grup. Dia juga hanya lulusan SD, bahkan saat kecil, dia dan keluarganya hidup dalam kemiskinan. Namun kini, pria lulusan SD tersebut menjadi salah satu konglomerat besar di negeri ini, yang mempunyai karyawan sekitar 70 ribu orang dan memiliki hampir 200 perusahaan.

Dan dari 70 ribu orang karyawannya tersebut, didominasi oleh orang-orang pintar dengan pendidikan tinggi, dan orang-orang pintar tersebut bergantung hidupnya pada sosok pria yang cuman berijazah SD tersebut. Mungkin dia bisa dibilang bodoh dalam hal pendidikan, namun dia pintar dalam hal memanfaatkan peluang usaha, sehingga bisa sukses dan kini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan orang pintar, apakah kepintaran mereka itu bisa menjadi jaminan sukses masa depan? Belum tentu juga. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, dari 8,32 juta orang pengangguran di Indonesia, didominasi oleh lulusan sarjana dan diploma. Bahkan di Purworejo, seorang pengayuh becak yang bernama Wawan Kurniawan adalah seorang sarjana Teknik Sipil di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP).

Advertisements

2 thoughts on “Contoh Teks Anekdot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s